Monday, August 19, 2013
Berlangganan

cara mengatasi sakit tenggorokan dengan obat rumahan

sakit tenggorokanSakit tenggorokan yang biasanya disebabkan virus dan bakteri terkadang memang bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Namun, pada beberapa kasus, sakit tenggorokan sebenarnya bisa disembuhkan dengan obat yang aman, murah, dan tanpa efek samping yakni bahan-bahan yang ada di dapur Anda.
Dikutip dari Medindia, Senin (19/8/2013) ini dia obat yang berasal dari bahan-bahan di dapur rumah Anda yang bisa digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan:
1. Teh jahe
Anda bisa menambahkan satu inci potong jahe yang dimemarkan kemudian rebus selama dua hingga menit. Lalu, campur dengan teh yang telah Anda buat sebelumnya.
2. Teh chamomile
Teh chamomile hangat juga dapat mengurangi sakit tenggorokan karena bisa mengatasi peradangan. Seduh dua kantung teh chamomile dengan satu cangkir air mendidih. Jika ingin mendapat rasa manis, Anda bisa menambahkan madu.
3. Kumur dengan campuran kunyit, air, dan garam
Ini adalah obat rumahan yang sangat efektif untuk menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan. Ditambah lagi, bahan-bahan yang diperlukan pasti selalu tersedia di dapur Anda. Campurkan satu sdt garam dan sejumput kunyit dengan 200 ml air hangat kemudian berkumurlah beberapa kali sehari.
4. Kemangi
Rebus daun kemangi dan minumlah air rebusannya. Atau cukup berkumur dengan air rebusan kemangi akan membuat sakit tenggorokan Anda membaik.
5. Madu dan lemon
Minumlah secangkir air hangat yang dicampur dengan satu sdm lemon dan satu sdm madu. Campuran ini dikenal sebagai obat ampuh untuk atasi sakit tenggorokan. Jika tidak ada lemon, satu sdm madu tanpa tambahan air juga bisa mengurangi sakit tenggorokan karena madu adalah antibiotik alami. Tapi sebaiknya madu tidak diberikan pada anak-anak di bawah usia dua tahun.
6. Menghirup uap
Obat kuno untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah menghirup uap. Taruh air panas dalam panci lalu letakkan di depan Anda. Pakailah handuk di kepala untuk mencegah uap menyebar. Hirup uap dari panci tak hanya melalui hidung tapi sesekali juga melalui mulut.
7. Permen pelega tenggorokan
Permen pelega tenggorokan bisa menenangkan tenggorokan Anda dengan menjaganya agar tetap lembab. Tapi, hindari pemberian permen ini untuk anak di bawah umur empat tahun karena bisa membuat mereka tersedak.
8. Sup
Saat tenggorokan sakit, biasanya kita akan sulit makan dan menelan. Oleh karena itu, cobalah mengkonsumsi sup misalnya sup ayam yang hangat dengan rasa sedikit agak asam. Itu tidak hanya meringankan rasa sakit tapi juga memastikan Anda mendapat nutrisi untuk melawan peradangan.
9. Inhaler
Gunakan minyak esensial yang Anda miliki di rumah sebagai inhaler. Misalnya lavender, thyme, cendana, atau minyak kayu putih.
10. Istirahat
Perbanyak istirahat dan minumlah banyak cairan yang bisa menjaga kelembaban serta menenangkan tenggorokan Anda. Selain itu, cairan juga bisa menghilangkan bakteri yang tersisa di tenggorokan. Hal lain yang tak kalah penting, jangan merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya.

This work is licensed under a Creative Commons license.