Thursday, May 21, 2015
Berlangganan

5 Bahaya dari pola tidur yang tidak teratur

5 Bahaya dari pola tidur yang tidak teraturSama seperti mesin, tubuh juga perlu waktu untuk beristirahat. Dan tidur adalah cara tubuh untuk mengisi ulang energinya. Jika Anda memaksa tubuh untuk bekerja melebihi kapasitas, tanpa memberikan waktu untuk beristirahat, tubuh Anda bisa rusak. Berikut adalah lima bahaya dari pola tidur yang tidak teratur.
1. Obesitas
Semakin lama Anda terjaga, semakin besar tubuh merangsang hormon ghrelin - yang memicu rasa lapar. Hal ini menyebabkan Anda untuk makan lebih banyak dari yang dibutuhkan dan akhirnya mengalami obesitas. Satu-satunya cara untuk menghindari ini adalah dengan tidur setidaknya enam jam setiap malam.
2. Berbagai penyakit
Kebiasaan tidur yang tidak teratur juga menghadapkan Anda pada sejumlah penyakit. Bahaya dari pola tidur yang tidak teratur membuat Anda rentan terhadap kondisi seperti serangan jantung, gagal jantung, diabetes, stroke, tekanan darah tinggi dan detak jantung tidak teratur.
3. Kerusakan kulit
Pola tidur yang tidak teratur dan kurang tidur dapat memicu tubuh memproduksi peningkatan jumlah hormon kortisol. Kortisol diketahui dapat memecah protein dalam kulit dan ini menyebabkan hilangnya elastisitas kulit, dan itu mengarah pada pengembangan garis-garis halus dan kerutan di kulit.
4. Pikun
Jika Anda tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, otak Anda tidak dapat berfungsi dengan baik. Itu membuat Anda menjadi sulit untuk mengingat sesuatu dan nama.
5. Depresi
Kurang tidur juga dapat menyebabkan masalah mental seperti depresi. Orang yang terkena masalah ini memerlukan perawatan medis serius untuk menyembuhkannya.
Inilah lima bahaya dari pola tidur yang tidak teratur. Pastikan bahwa Anda selalu tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari.

http://www.merdeka.com/sehat/5-bahaya-dari-pola-tidur-yang-tidak-teratur.html

This work is licensed under a Creative Commons license.