Friday, December 21, 2012
Berlangganan

Kecelakaan Pesawat Sukhoi Superjet 100 Terungkap

Pada hari Selasa 18-12-2012 Ketua Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT ) Tatang Kurniadi mengumumkan hasil investigasi penyebab jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet (SSJ) 100, pada pukul 11.00 WIB.Pesawat Sukhoi tersebut jatuh pada tanggal 9 Mei 2012 lalu di Gunung Salak Bogor.

Dari hasil investigasi KNKT ditemukan tiga faktor penyebab jatuhnya pesawat  sukhoi

1.Pilot tidak menyadari kondisi pegunungan pada jalur yang dilalui.Pilot mengabaikan peringatan Terrain Avoidance and Warning System (TAWS).38 detik sebelum tabrakan TAWS memberikan peringatan suara “Terrain Ahead, Pull Up” dan diikuti oleh enam kali “Avoid Terrain”. Pilot in Command (PIC) mematikan TAWS .Pilot beranggapan terjadi masalah pada database pada peringatan tersebut.

2.Radar Jakarta belum memiliki “Minimum Safe Altitude Warning” (MSAW) yang berfungsi untuk daerah Gunung Salak.Radar Jakarta belum memiliki batas ketinggian minimum pada pesawat yang diberika Vektor,yaitu perintah arah yang diberikan petugas pengatur lalulintas udara kepada pilot  pada layanan radar.Radar Jakarta ternyata belum dilengkapi oleh MSAW untuk gunung Salak ini.Jalur gunung Salak tidak termasuk jalur lintasan penerbangan komersial.

3.Pengalihan perhatian awak pesawat pada percakapan yang tidak ada hubungan dengan penerbangan.Akibat dari percakapan yang berkepanjangan itu pesawat keluar dari orbitnya dan pilot tidak menyadari sehingga tidak megembalikan posisi pesawat pada orbitnya.

Dari hasil hasil investigasi KNKT itu dapat disimpulakan kondisi pesawat layak terbang dan semua sistim peringatan yang ada berfungsi dengan baik.Pilot pesawat Sukhoi superjet 100 juga kurang kosentrasi penuh pada penerbangan,ini terbukti adanya.rekaman perbincanagan yang tidak perlu dengan penumpang.Mungkin karena kondisi penerbangan pada saat itu adalah Joy Filght sehingga pilot berusaha akrab dengan penumpangnya.

Timbul pertanyaan dalam benak kita kenapa pilot mematikan bunyi peringatan,itu artinya pilot masih beranggapan dan percaya pesawat masih dalam jalur aman dalam penerbangan,setelah mendapat izin turun pada 6000 kaki dari ketinggian 10000 kaki sebelumnya.Pilot terlalu percaya pada komando radar Jakarta,sehingga mengabaikan peringatan dan mematikannya.Kembali faktor manusia menjadi penyebab kecelakaan pesawat sukhoi ini.

Pertanyaan lain muncul kenapa pihak radar Jakarta mengijinkan pesawat Sukhoi super 100 mengambil jalur penerbangan melewati gunung Salak,pada hal pihak radar tahu itu bukan jalur penerbangan komersial dan radar Jakarta juga tidak memiliki MASW untuk gunung Salak.Kita berharap semoga hasil investigasi KNKT benar-benar terbuka dan tidak ada yang ditutupi untuk melindungi kepentingan lainnya.
sumber
Description: Kecelakaan Pesawat Sukhoi Superjet 100 Terungkap  Rating: 4.5
EBOOK Dibawah Ini Penting Untuk Anda !!
1. Memperbaiki Kerusakan PC Desktop
2. Memperbaiki Kerusakan Komponen Motherboard
3. Langkah Demi Langkah Diagnosa Dan Memperbaiki Laptop
4. Ebook Cara Memperbaiki Laptop
5. Ebook Cara Membangun Jaringan Komputer/Warnet
6. Mahir Belajar Jaringan Komputer/Laptop