Friday, August 23, 2013
Berlangganan

Kawah Vulkanik Raksasa Nan Indah Di Tengah Gurun Arab Saudi

Sungguh sebuah keajaiban fenomena alam yang luar biasa dan nyaris tak dapat dipercaya. Bagaimana bisa, di sebuah gurun pasir nan luas dan tandus di Arab Saudi bisa ada sebuah kawah vulkanik?
Namun begitulah adanya yang bisa kita lihat di Kawah Al Wahba (Al Wahba Crater). Sekilas kawah ini mirip dengan kawah akibat hantaman meteor di Arizona, Amerika Serikat. Namun kawah Al Wahba ini memang benar-benar merupakan kawah hasil aktivitas vulkanik....di gurun pasir!
Diameter kawah ini adalah 2 kilometer. kawah Al Wahba terbentuk dari aktivitas gunung berapi. Kontak antara magma cair dari dalam dengan air bawah tanah menghasilkan kawah-kawah. Di sisi lain kawah ini masih tertinggal sisa-sisa gunung berapi berupa bukit abu vulkanik. Material mineral vulkanik di kawah ini sebagian besar adalah natrium fosfat yang berwarna putih menyilaukan.
Di masa lalu, area ini penuh dengan aktivitas vulkanik. Abu vulkanik bersemayam di bawah hamparan pasir yang merupakan sisa-sisa letusan gunung berapi. Dari udara, pengunjung masih dapat menyaksikan tanggul yang penuh dengan lava. Sementara di bagian utara kawah, dipenuhi pohon palem.

Pemandangan kawah Al Wahba dari jauh. gambar diambil dari salah satu sisi.

sumber

This work is licensed under a Creative Commons license.