Thursday, August 22, 2013
Berlangganan

3 Mercusuar Tertinggi Di Dunia

Mercusuar adalah sebuah bangunan menara dengan sumber cahaya di puncaknya untuk membantu navigasi kapal laut. Sumber cahaya yang digunakan beragam mulai dari lampu sampai lensa dan (pada zaman dahulu) api. Karena saat ini navigasi kapal laut telah berkembang pesat dengan bantuan GPS, jumlah mercusuar di dunia telah merosot menjadi kurang dari 1.500 buah. Mercusuar biasanya digunakan untuk menandai daerah-daerah yang berbahaya, misalnya karang dan daerah laut yang dangkal. Berikut ini adalah 3 mercusuar tertinggi di dunia.
1. Jeddah Lighthouse

Jeddah Lighthouse
Jeddah Lighthouse adalah mercusuar aktif yang terdapat di Jeddah, Arab Saudi. Mercusuar berwarna putih setinggi 436 kaki (113 meter) ini dinobatkan sebagai mercusuar yang tertinggi di dunia. Jeddah Light terletak di ujung dermaga terluar, sebelah utara pintu masuk ke Pelabuhan Jeddah. Mercusuar ini terbuat dari beton dan baja, dengan bentuk silinder, dan di bagian bawah puncaknya terdapat bangunan bulat. Di malam hari, tiga cahaya putih akan bersinar dari lampu utama mercusuar ini setiap 20 detiknya.
Tidak seperti mercusuar konvensional, mercusuar Jeddah bertindak sebagai ruang kontrol untuk pelabuhan kota dan konstruksi pelabuhan. Mercusuar aktif ini dikelola oleh Ports Authority Saudi. Ada sekitar 633 alat bantu navigasi, dimana sebanyak 72%alat tersebut menggunakan tenaga surya. Mercusuar ini telah tercatat di National Geospatial-Intelligence Agency. Mercusuar ini juga terdaftar di The Lighthouse Direktori dan ARLHS Daftar Dunia Lights.
2. Perry Memorial Monument

Perry Memorial Monument
Perry Memorial Monument dikenal sebagai mercusuar tertinggi kedua di dunia, mercusuar tertinggi di Amerika, dan menara Doric yang paling besar di dunia. Memorial Monumen Perry ini terletak di Put-in-Bay, Ohio, AS. Mercusuar ini memiliki tinggi 107 meter dan dapat menarik sekitar 200.000 wisatawan setiap tahunnya.
Mercusuar yang bernama lengkap “Perry’s Victory and International Peace Memorial” ini sesungguhnya adalah monumen peringatan Pertempuran Danau mercusuar perry memorial Erie (Battle of Lake Erie) di dekat Pulau South Bass, Ohio, dimana Komodor Oliver Hazard Perry memenangkan pertempuran pada tahun 1812. Monumen ini juga berperan sebagai tanda berlangsungnya kesepakatan damai antara Inggris, Kanada, dan Amerika Serikat setelah perang tersebut. Monumen setinggi 352 kaki (107 meter) ini dibuat di Put-in-Bay, Ohio, dari tahun 1912 sampai 1915. Di dasar lantai batu monumen ini terbaring tiga jenazah perwira Amerika Serikat dan tiga jenazah perwira Inggris.
3. Yokohama Tower 106 meter

Yokohama Marine Tower
Yokohama Marine Tower adalah menara setinggi 348 kaki (106 meter) yang terletak di distrik Naka, Yokohama, Jepang. Menara ini juga dilengkapi dengan geladak yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk melihat pemandangan dari atas menara pada ketinggian 100 meter. Mercusuar ini dibangun sebagai peringatan 100 tahun Pelabuhan Yokohama, pada tahun 1961. Di saat cuaca cerah, para pengunjung bahkan dapat melihat Gunung Fuji dari atas menara ini. Menara ini juga diklaim sebagai mercusuar tertinggi di Jepang.
Menara mercusuar yang diresmikan pada tahun 1961 ini memiliki lampu utama yang bersinar setiap 20 detik, yang warna lampunya bergantian antara hijau dan merah. Sebenarnya, di saat malam badan menara ini sendiri berwarna merah atau hijau, sesuai dengan cahaya lampu utamanya. Namun sekarang cahaya badan menara tersebut hanya berwarna putih sejak dibuka kembali untuk umum pada Mei 2009. Sejak Desember 2006, menara ini sempat ditutup sementara untuk renovasi.

sumber

This work is licensed under a Creative Commons license.